Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu bentuk gangguan pada tubuh akibat kurangnya cairan yang masuk. Gejala umum yang dapat dirasakan oleh seseorang yang mengalami dehidrasi biasanya berupa timbulnya rasa haus yang terus menerus. Tapi taukah Anda jika dehidrasi juga menimbulkan gejala lain yang terkadang sulit dideteksi tubuh?
Dehidrasi ringan hingga sedang sering ditandai dengan mulut kering dan lengket serta rasa kantuk yang datang di siang hari. Jumlah urin berkurang dan tubuh akan sering terasa lelah. Tak hanya itu, dehidrasi dapat menyebabkan tekanan darah rendah sehingga seringkali menyebabkan pusing pada penderitanya.
Tak selalu akibat kurangnya asupan air ke dalam tubuh, dehidrasi juga dapat terjadi akibat keringat yang berlebihan, cuaca panas, aktifitas fisik yang berat, diare, hingga penggunaan obat yang menyebabkan seringnya proses pengeluaran urin.
Air yang harus Anda beri kepada tubuh, tak harus selalu dalam bentuk minuman. Kebutuhan cairan tersebut juga dapat Anda hasilkan dari makanan yang mengandung air, karena makanan tersebut dapat menyumbang sekitar 300 mililiter cairan pada tubuh.
Faktanya, orang dewasa dengan usia 25-55 tahun selalu membutuhkan 35 miliiter air per kilogram berat badan setiap harinya. Misalkan orang tersebut berusia 30 tahun dengan berat badan 60 kg, maka orang tersebut membutuhkan kurang lebih 2100 mililiter air atau setara dengan 8-10 gelas air.

Sumber : http://meetdoctor.com

0 komentar