Cara Membuat Artikel

Setiap orang yang hendak membuat sebuah artikel, maka harus memperhatikan banyak hal yang berhubungan dengan tulisannya, mulai dari teknik penulisan, ketelitian, kekreatifan, ide dan yang lainnya. Untuk teman-teman yang ingin menjadi penulis artikel yang baik, maka teman-teman dapat mengetahui beberapa tips menarik tentang menulis artikel yang baik dari kami berikut ini:
Tentukan topik yang menarik


Untuk membuat artikel yang baik dan pastinya menarik, maka ketahuilah topik yang menarik, seperti topik yang sedang hangat dan hits saat ini. Dengan pemilihan topik yang sedang hangat, maka tentu saja setiap pembaca akan mudah tertarik untuk membaca artikel yang kita buat. Jadi, topik menjadi hal penting yang harus kita perhatikan diawal dalam membuat artikel yang baik.
Bermanfaat bagi orang lain

Banyak Orang menganggap bahwa artikel yang bermanaafat itu adalah artikel yang selalu mengandung banyak tips, trik, maupun berbagai tutorial. Sebenarnya artikel yang bermanafaat bagi orang lain tidak harus mengandung berbagai tips, trik dan tutorial saja, artikel yang bisa memberikan informasi yang valid dan faktual kepada para pembaca pun termasuk kedalam artikel yang bermanfaat, terlebih lagi apabila para pembaca terhibur dengan artikel tersebut.
Bahasa yang ringan dan mudah di pahami

Bahasa merupakan salah satu faktor yang harus teman-teman perhatikan dalam membuat artikel, karena salah satu ciri artikel yang baik adalah penggunaan bahasa yang ringan dan mudah di pahami. Usahakanlah agar seminim mungkin menggunakan bahasa-bahasa asing yang belum banyak di kenal oleh orang lain, dan apabila ingin menggunakan kalimat tersebut, teman-teman bisa memberi penjelasan tambahan sehingga para pembaca mengerti apa yang kita maksud.
Mulai dengan kalimat yang membuat penasaran

Kalimat awal yang mampu membuat pembaca merasa penasaran merupakan artikel yang menarik, karena hal itu dapat membuat pembaca akan lebih tertarik lagi untuk membaca artikel kita lebih lanjut bahkan hingga akhir artikel.
Buat tulisan serapih mungkin

Teman-teman bisa menggunakan paragraf Justify (rata kanan-kiri), point list, bold dan pedukung lainnya agar artikel yang ditampilkan menjadi rapih, lalu buatlah tulisan yang rapih dengan membuat artikel yang memperhatikan kaidah penulisan bahasa yang tepat. Gunakan tanda baca yang tepat, serta perhatikan penggunaan huruf besar dan kecil yang tepat agar pembaca betah berlama-lama dengan artikel kita.
Berikan statement penutup

Artikel yang menarik adalah artikel-artikel yang juga dilengkapi dengan menggunakan penutup, penutup sebagai pelengkap sehingga para pembaca diharapkan dapat merasa puas setelah membaca artikel itu sendiri.
Buat judul yang menarik

Cara membuat artikel yang baik selanjutnya adalah dengan memperhatikan judul. Setelah melakukan penulisan isi dari artikel itu sendiri, maka anda dapat menyimpulakan judul yang paling tepat untuk artikel yang telah teman-teman buat. Untuk membuat para calon pembaca tertarik dengan artikel yang kita buat, maka judul merupakan sentuhan pertama yang mampu menarik perhatian calon pembaca, sehingga dengan melihat judul yang unik dan menarik pastinya para calon membca ingin tau bagaimana isi dari artikel itu sendiri. sebagai contoh teman-teman bisa melihat judul berita dan artikel yang sering teman-teman lihat di berbagai portal berita seperti detik.com, viva.co.id, kapanlagi.com
Tidak asal copy paste usahakan hasil karya sendiri
Salah satu ciri artikel yang baik adalah artikel yang asli dari hasil pemikiran kita sebagai seorang penulis. Sebenarnya sah-sah saja kita sebagai seorang penulis mengambil referensi dari karya-karya orang lain, tetapi ingat etika dalam mengambil referensi juga harus kita perhatikan, jangan asal meng copy paste karya orang lain mentah-mentah (sama persis) lalu memposting artikel itu di blog kita tanpa memberikan sumber refernsi yang jelas, karena hal ini dapat berdampak buruk pada website/blog kita terelebih lagi untuk search engine terutama Google karena artikel kita nanti akan dianggap duplicate content oleh Google, selain itu skill kita dalam membuat arikel pun tidak akan berkembang.
Sumber : http://artikel1.coffemix.com/5669/cara-menulis-artikel-yang-baik/

0 komentar