Fungsi Masing Layer OSI

Lapisan Aplication
Ini merupakan lapisan ke 7 yang memberikan layanan ke jaringan komputer  dan mengadakan komunikasi dari program ke program. Jika akan mengirim file, browse internet atau FTP terjadi pada lapisan aplikasi. Lapisan aplikasi adalah lapisan yang paling dekat dengan pengguna.

Lapisan Presentation
Lapisan presentation adalah lapisan ke 6 pada OSI Layer. Lapisan ini bertugas  menampilkan text atau grafis. Lapisan ini memberikan layanan konversi, sintaks, format dan enkripsi data. File dengan format ASCII, JPEG, MPEG, TIFF, PICT, RTF, MIDI dan Quick Time bekerja pada lapisan ini.

Lapisan Session
Lapisan session adalah lapisan yang ke 5 pada OSI Layer. Lapisan ini memiliki tugas membuka, mengatur dan menutup session antara aplikasi. Lapisan ini akan menentukan apakah informasi yang diminta berasal dari komputer lain atau tidak. Jika informasi yang diminta berasal dari komputer lain maka session akan memulai session ke jaringan. Ada beberapa protocol yang digunakan pada layer ini :
NFS
NETBEUI
SQL
X Windows System
ASP
DNASCP

Lapisan Transport
Lapisan transport dalam OSI Layer berada pada layer ke 5. Lapisan Transport bertugas pada keutuhan data. Lapisan ini memisahka lapisan tingkat atas dengan lapisan tingkat bawah. Pada lapisan ini data akan diubah menjadi data stream atau bisa juga disebut dengan segment.
Jenis koneksi pada lapisan ini adalah :
Connection-oriented
Connectionless-oriented

Lapisan Network
Lapisan ini menyediakan topologi logika jaringan dengan meggunakan IP Address. Dengan alamat ini lapisan ini difungsikan untuk meneruskan paket dari satu titik ke titik yang lain pada jaringan komputer dan memilih jalur yang terbaik dalam meneruskan paket. Pada lapisan ini segment akan mendapatkan informasi alamat logika yang dituju dan alamat alamat asal yang disebut dengan paket.

Lapisan Datalink
Lapisan ini berfungsi sebagai pengatur topologi jaringan, peringatan kesalahan dan kontrol aliran data. Pada lapisan ini perangkat yang bekerja adalah switch dan bridge. Lapisan ini akan menyediakan alamat hardware dengan menambahkannya pada paket berupa MAC address asal dan tujuannya. Pada lapisan ini informasi disebut dengan frame.

Lapisan Physical
Lapisan ini adalah lapisan yang pertama. Lapisan ini biasanya digunakan untuk menentukan spesifikasi atau koneksi fisik dari jaringan yang akan dibuat, diantaranya :
Tipe kabel
Tipe konektor
Huhungan pin konektor dengan kabel
Tipe interface peralatan jaringan

0 komentar