Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)



PENGERTIAN TIK 
TIK adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, pemindahan dan penyajian informasi.

atau

TIK adalah perangkat-perangkat teknologi yang terdiri dari hardware, software, proses, dan sistem yang digunakan untuk membantu proses komunikasi agar komunikasi itu berhasil.

TIK DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN
1. Perangkat keras
2. Perangkat lunak
3. Kandungan Isi
4. Infrastruktur Komputer
5. Infrastruktur Komunikasi 

RUANG LINGKUP TIK 
Menurut Pusat Kurikulum Kemendiknas : 

1. Teknologi Informasi
Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data seperti mendapatkan, memproses, menyusun, menyimpan, dan memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas serta dipublikasikan. 

Informasi yang dipublikasikan bersifat relevan, akurat dan tepat waktu untuk keperluan pribadi, bisnis, social, maupun kepentingan pemerintahan. 

Informasi yang dipublikasikan dapat berupa informasi sederhana sampai pada informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

2. Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat lainnya.

TUJUAN TIK
Tujuan TIK adalah untuk menambah dan memperluas wawasan dan pengetahuan seseorang dengan cara memahami alat teknologi informasi dan komunikasi, mengenal istilah-istilah yang digunakan pada teknologi informasi dan komunikasi, menyadari keunggulan dan keterbatasan alat teknologi informasi dan komunikasi, serta dapat menggunakan alat teknologi informasi dan komunikasi secara optimal.

0 komentar