Penerapan Etika Komunikasi Digital


Beberapa macam etika dalam komunikasi digital yang perlu diperhatikan:

1. Selalu ingat “tulisan” adalah perwakilan dari kita
Tulisan merupakan bentuk dari perwakilan kita bahkan semua konten digital yang kita kirimkan bisa mewakili diri kita. Konten tersebut akan dilihat atau diperhatikan oleh orang lain sehingga kita harus hati-hati menginformasikan konten-konten digital tertentu.

2. Yang diajak berkomunikasi adalah manusia
Manusia memiliki perasaan dan kemampuan berasumsi sehingga apa yang kita lakukan melalui proses komunikasi digital itu tidak memberikan dampak tertentu.

3. Mengendalikan emosi
Hindari mudah terpancing dalam berkomunikasi digital. Memberikan sebuah respon dengan marah-marah adalah contoh yang kurang baik saat berkomunikasi digital. 

4. Menggunakan kesantunan
Tata krama yang baik akan tercermin melalui bagaimana cara kita berkata-kata atau berkomunikasi. Jelas saja ini adalah poin penting yang bagus untuk dilakukan. Selain tidak menimbulkan masalah, ini juga bisa semakin merekatkan hubungan baik dengan orang lain.

5. Menggunakan tulisan dan bahasa yang jelas
Menggunakan tulisan atau bahasa yang tidak jelas dalam proses komunikasi digital juga merupakan tindakan yang buruk. Tentunya ini akan sangat berpengaruh pada penilaian orang terhadap kita.

6. Menghargai privasi orang lain
Menyebar luaskan rahasia seseorang adalah hal yang tidak pantas dilakukan. Seharusnya kita meminta izin apabila akan meneruskan sebuah informasi yang diberikan oleh orang lain karena merupakan bagian dari etika komunikasi antar pribadi.

7. Menyadari posisi kita
Menyadari posisi kita adalah kemampuan yang baik untuk menerapkan etika komunikasi digital. Ketika kita tidak memperhatikan hal ini, kita bisa mengabaikan banyak hal yang berhubungan dengan etika. Misalkan ketika di media sosial kita terbiasa mengumbar hal-hal konyol, padahal kita terhubung dengan atasan sehingga menjadi dampak negatif dari media sosial.

8. Tidak memancing perselisihan
Selalu ingat untuk tidak memancing perselisihan. Membagikan suatu informasi dengan tujuan mengadu domba atau memperkeruh suasana adalah hal yang kurang baik. 


0 komentar