Mata Pelajaran TIK



Perkembangan TIK menjadi sumber utama dalam memunculkan Mata Pelajaran TIK dalam Pendidikan. 
Jenjang Pendidikan Dasar : Muatan Lokal
Jenjang Pendidikan Menengah : Mata Pelajaran

Dengan Mapel TIK diharapkan siswa bisa memahami dan berinteraksi dengan perkembangan TIK sehingga tidak buta TIK/gagal teknologi (gaptek) di masyarakat karena kecenderungan interaksi sosial saat ini terus memanfaatkan teknologi informasi untuk berkomunikasi dan mampu menjangkau subjek dan atau objek secara global tanpa memandang batas-batas wilayah.

Mapel TIK berkaitan erat dengan pemanfaatan teknologi dan mengelola informasi. 

RUANG LINGKUP MAPEL TIK
1. Perangkat Keras
Perangkat Keras adalah Komponen Fisik yang dapat disentuh. Komponen Fisik yang banyak di bahas adalah perangkat komputer yang terdiri dari komponen : 
  • Unit Proses (CPU)
  • Piranti Masukkan (Mouse, Keyboard)
  • Piranti Keluaran (Monitor, Printer, Speaker)
  • Memori Utama (RAM)
  • Memori Sekunder (Hardisk, SSD, Flashdisk)



2. Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah sebuah kumpulan instruksi/perintah untuk mengendalikan perangkat keras. 
Perangkat lunak yang akan banyak di bahas dalam mapel TIK adalah : 
  • Sistem Operasi 
  • Program Aplikasi



TUJUAN MAPEL TIK
Tujuan Mapel TIK dalam pembelajaran : 
  1. Menyadarkan peserta didik akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga peserta didik dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi informasi dan komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
  2. Memotivasi kemampuan peserta didik untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga peserta didik bisa melaksanakan dan menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
  3. Mengembangkan kompetensi peserta didik dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi, sehingga proses pembelajaran lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam mecari informasi juga terampil untuk mengorganisasi informasi.
  5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif dan bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari- hari.
TUJUAN MAPEL TIK DARI ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTOR
  1. Kognitif : mengetahui, mengenal dan memahami TIK sehingga meningkatkan pengetahuan dan minat peserta didik pada teknologi serta meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah untuk pendidikan, pekerjaan dan peran masyarakat pada masa yang akan datang.
  2. Afektif : bersikap kritis, kreatif, apresiatif, dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Psikomotor : terampil memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk proses pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari. 

0 komentar