Etika Digital


Etika digital adalah suatu konsep norma perilaku yang tepat dan bertanggungjawab terkait dengan cara menggunakan teknologi.
Etika digital yang perlu diperhatikan : 
  1. menggunakan bahasa dan penulisan kata yang baik pada saat mempublikasikan di media sosial agar tidak menyinggung pihak lain, 
  2. memberikan informasi yang sesuai dengan fakta bukan bersifat hoax, 
  3. tidak memuat konten yang mengandung SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan), 
  4. tidak melakukan tindakan lainnya yang berdampak negative
Komponen kewargaan digital :

1. Lingkungan belajar
Lingkungan belajar termasuk juga sebagai komponen akademis karena memanfaatkan teknologi digital untuk mencari informasi, menyimpan data, mencari literatur, dan lain sebagainya. Lingkungan Belajar memiliki sub yaitu : 
  1. Akses digital, yaitu setiap orang memiliki hak tetapi tidak semua orang dapat memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya.
  2. Komunikasi digital, yaitu setiap orang berhak mengetahui bentuk-bentuk komunikasi serta mampu mengetahui sisi positif dan sisi negatifnya.
  3. Literasi digital, yaitu teknologi yang digunakan dalam proses belajar ini dapat dimanfaatkan dengan baik
2. Lingkungan sekolah
Lingkungan sekolah terdiri dari sub, yaitu:
  1. Hak digital, yaitu setiap warga digital memiliki hak berbicara dengan bebas, privasi, dan mengaspirasikan suaranya. Kewajiban warga digital adalah memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya dan mengikuti peraturan yang berlaku.
  2. Etiket digital, yaitu etiket yang dibuat untuk kenyamanan dan keamanan warga digital.
  3. Keamanan digital bertujuan untuk menjaga keamanan data dan informasi warga digital dalam dunia maya.
3. Kehidupan di luar lingkungan sekolah
Kehidupan di luar lingkungan sekolah terdiri dari sub, yaitu:
  1. Hukum digital, Hukum digital yang berlandaskan dengan etiket digital yang berlaku di masyarakat. Tujuannya adalah agar warga digital menyadari hal-hal apa saja   yang termasuk ke dalam pelanggaran dalam dunia maya.
  2. Transaksi digital, digunakan oleh toko online ketika bertransaksi di dunia maya. Banyak sisi negatif dalam transaksi digital karena tidak bertemu secara langsung, kecuali Cash On Delivery (COD) yang dapat mengurangi tingkat penipuan.
  3. Kesehatan digital, Keadaan yang ada pada warga digital setelah menggunakan kecanggihan teknologi yang berdampak pada menurunnya kesehatan fisik maupun mental.

0 komentar