Apa itu LTS, Desktop, Server, Remix dan Alternate?


Linux adalah sistem operasi open source. Sistem operasi ini sekarang sudah tidak dikenal lagi seperti sistem operasi yang menggunakan basis text dalam pengoperasiaonnya. Tetapi sekarang sudah banyak sistem operasi linux yang menggunakan GUI yang baik dan dilengkapi dengan animasi layaknya sistem operasi windows dan machintos/mac os. 

Pada kesempatan ini saya membahas tentang sistem operasi ubuntu. Ada beberapa tipe sistem operasi ubuntu saat mereka mengeluarkan versi sistemnya. yaitu :

Ubuntu LTS (Long Term Support)
Ubuntu LTS adalah versi Ubuntu yang di support terhadap security dan update selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk server. 

Ubuntu Non-LTS 
Ubuntu Non-LTS adalah ubuntu yang di support oleh Cannonical selama 18 Bulan/1,5 Tahun.

Ubuntu Desktop
Ubuntu dengan versi GUI dan dilengkapi dengan live CD, sehingga sebelum melakukan instalasi kita dapat mencoba tampilan GUI sebelum diinstalasi.

Ubuntu Server
Ubuntu server adalah sistem operasi yang digunakan untuk server dan berbasis text. Di dalam sistem operasi ini sudah dilengkapi dengan aplikasi server seperti Apache, PHP dan Mysql Server. 

Ubuntu Remix
Ubuntu yang dirancang khusus untuk netbook

Ubuntu Alternate
Ubuntu Versi GUI tetapi tidak menyediakan live CD, Jika ingin mencoba sistem operasinya harus melakukan instalasi langsung. 

0 komentar