Apa itu gdm3, kdm, lightdm pada Linux?



Manajer tampilan adalah program yang menyediakan login grafis kemampuan untuk Sistem X Window. Hanya satu pengelola tampilan yang dapat mengelola X server tertentu, tetapi banyak paket manajer tampilan diinstal. Silakan pilih tampilan mana manajer harus dijalankan secara default. 

Beberapa manajer tampilan dapat berjalan secara bersamaan jika dikonfigurasi untuk mengelola server yang berbeda. Untuk mencapai ini, konfigurasikan tampilan manajer sesuai, edit setiap skrip init mereka di /etc/init.d, dan nonaktifkan pemeriksaan untuk manajer tampilan default.

gdm3

gdm3 adalah penerusnya gdm yang merupakan manajer tampilan GNOME. Yang lebih baru gdm3 menggunakan versi minimal gnome-shell, dan memberikan tampilan dan nuansa yang sama seperti sesi GNOME3. Merupakan pilihan Canonical sejak Ubuntu 17.10. Anda dapat menginstalnya dengan:

sudo apt-get install gdm3
dan hapus dengan:

sudo apt-get remove gdm3

kdm

kdm adalah manajer tampilan KDE. Tapi itu sudah ditinggalkan di KDE5 yang mendukung SDDM, yang lebih mampu sebagai manajer tampilan, dan karenanya datang secara default dengan Kubuntu. Anda dapat menginstalnya dengan:

sudo apt-get install sddm 
dan hapus dengan:

sudo apt-get remove sddm

LightDM

LightDM adalah solusi Canonical untuk manajer tampilan. Seharusnya ringan dan datang secara default dengan Ubuntu, Xubuntu, dan Lubuntu. Ini dapat dikonfigurasi, dengan berbagai tema login yang tersedia.

Anda dapat menginstalnya dengan:

sudo apt-get install lightdm
Dan hapus dengan:

sudo apt-get remove lightdm

Memilih Manajer Tampilan

sudo dpkg-reconfigure gdm3

Anda dapat menggunakan nama manajer tampilan apa pun gdm3 di dalam perintah di atas, dan itu akan memungkinkan Anda untuk memilih di antara mereka. Anda harus mem-boot ulang agar perubahan dapat diterapkan

Memeriksa manajer tampilan yang digunakan, gunakan perintah berikut ini:

cat /etc/X11/default-display-manager

0 komentar