Elemen File Pada Java

File java bisa dibuat dengan menggunakan text editor (Notepad, Wordpad, Notepad++ dan Java Netbeans). File Java harus disimpan dengan ekstensi .java. Hasil kompilasi akan berekstensi .class yang disebut dengan bytecode. Hasil kompilasi .class akan dirubah menjadi .jar atau .jad yang merupakan file executable untuk Java.
Kompilasi file java dapat menggunakan aplikasi bawaan sistem operasi misalnya command prompt pada windows atau terminal pada linux. Untuk lebih mudah dalam proses kompilasi dapat menggunakan Netbeans yang merupakan Aplikasi untuk  membuat program Java dengan cara kompilasi mengklik run, build atau compile.
Untuk memahami program java lebih mendalam disini akan dijelaskan struktur dari program java :

public class Lat1{
   public static void main(String[] args){
      System.out.println("Program Java Pertama");
   }
}

Tulislah program tersebut menggunakan text editor kemudian simpan dengan nama Lat1.java (nama dari class java). Penjelasan setiap baris :

public 
adalah access modifier yang digunakan untuk hak akses dari class atau metode yang digunakan pada program java. Jika tidak ditulis public pada definisi class maka akan di set secara default menjadi public.

class
kata ini merupakan perintah yang mendifinisikan class pada java. Jadi setiap kita akan membuat kelas pada java harus ada kata class.

Lat1
Kata ini merupakan nama dari class yang kita akan buat. Nama class utama pada java harus sama dengan nama file yang kita buat. Misalnya jika kita membuat class dengan nama Lat1 nama file yang kita buat adalah Lat1.java

static
Kata ini merupakan kata yang menyatakan sifat dari method. Misalnya method main adalah bersifat tetap.

void
Kata void merupakan kata untuk membuat sebuah method. Jika ada kata void buka berarti kita akan membuat method yang bernama buka.

main 
Kata main adalah merupakan nama method utama pada sebuah program java. Pada sebuah program java harus ada satu method main. Method ini berfungsi untuk mengendalikan aplikasi pada java. Method yang pertama kali dijalankan / awal sebuah program dimulai adalah dari method main.

String[] args 
Kata ini digunakan untuk menyimpan banyak data yang diinput pada method main dengan nama args berupa String (inputan text). String[] args juga disebut dengan pendefinisian Array/Larik.

System.out
Kata digunakan untuk menampilkan output ke layar. Kita memanggila class yang bernama System dan object out serta method println.

"Program Java Pertama" 
Baris ini merupakan isi dari output yang akan kita tulis. Jika kita akan menulis atau menampilkan dalam bentuk text atau string harus menggunakan tanda ".

Tanda ;
Tanda titik koma merupakan tanda untuk akhir dari sebuah skript pada java atau bisa disebut dengan terminator.